Rabu, 04 Maret 2009

SAKIT

Sakit adalah sesutu yang boleh jadi tidak disenangi oleh setiap orang,baik yang ringan ataupun yang berat.Sakit sesungguhnya adalah peringatan yang ingin Allah berikan kepada ummat manusia,karena jika manusia tidak pernah sakit akan melahirkan sifat sombong yang tidak disukai oleh Allah,seperti yang berlaku pada Fir’aun dikarenakan dia tidak pernah sakit maka mengakulah dirinya sebagai Tuhan.
Sakit adalah ujian yang Allah berikan kepada orangnya yang dikasihi lihatlah bagaimana Nabi Ayub AS diuji oleh Allah dengan sakit yang luar biasa tapi beliau tetap menjadi hamba Allah yang bersyukur.Nabi kita Nabi Muhammad SAW juga pernah sakit bahkan sebelum menghadap Allah diawali dengan sakit dulu dan beliau mengatakan bahwa sakitnya dua kali lipat rasa sakit yang dialami manusia biasa.
Manakala seseorang sakit kemudian dia sabar dengan sakitnya itu maka sesungguhnya sakit itu menjadi penebus dosa-dosa yang telah dia lakukan,dan manakala dia orang yang baik maka sakit itu pertanda dia akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT.
Sakit itu ada dua, sakit lahiriyah dan sakit batiniyah atau jasmani dan rohani,sakit jasmani adalah sakit anggota tubuh yang terjadi dikarenakan melemahnya ketahanan tubuh kita akibat adanya virus,atau melemahnya antibodi yang ada pada tubuh seseorang.Maka karena semua orang sebenarnya mempunyai antibodi maka obatnya adalah bagaimana mengembalikan antibodi tersebut.
Tapi ketauhilah sesungguhnya sakit yang menghawatirkan adalah sakit rohani atau bahasa ilmu tasawuf sakit hati.Sakit ini sesungguhnya harus diwaspadai karena tidak nampak tapi akibatnya luar biasa,bukan hanya bagi si penderita tapi bagi orang lainnya.Hati itu terbagi tiga,hati yang terkunci mati,hati yang sakit dan hati yang sehat.Hati yang terkunci mati adalah hati yang tidak bisa disembuhkan kecuali datangnya hidayah Allah SWT,itulah yang Allah firmankan dalan surat Al-baqarah ayat”. Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak juga akan beriman. Allah Telah mengunci-mati hati dan pendengaran mereka, dan penglihatan mereka ditutup dan bagi mereka siksa yang amat berat”.Yang kedua adalah hati yang sakit,Allah berfirman “. Dalam hati mereka ada penyakit, lalu ditambah Allah penyakitnya; dan bagi mereka siksa yang pedih, disebabkan mereka berdusta”.Yang ketiga adalah hati yang sehat yaitu hati yang selalu berhubungan dengan Allah SWT,hati yang tidak ada kemusyrikan hati yang jauh dari lalai hati yang senantiasa bersyukur,hati inilah yang yang akan datang kepada Allah”kecuali hati yang datang kepadaku dengan selamat”.
Tapi sakit ini jarang sekali mendapat perhatian dari kita padahal akibatnya bukan hanya kesengsaraan di dunia tapi juga di kehidupan yang abadi,padahal obatnya tidak memerlukan uang jutaan rupiah,cukup dengan sholat malam,membaca al-Qur’an,berkumpul dengan orang saleh,puasa sunnah dan dzikir mengingat Allah.

Tidak ada komentar: