Minggu, 30 November 2008

puisi

Kemulian

Banyak orang yang menganggap bahwa
Kemuliaan itu harta, jabatan dan bagusnya fisik
Tapi ketahuilah wahai saudaraku
Kemuliaan itu adalah akhlak bagusmu

Banyak orang yang mengira ketika
Dia punya jabatan tinggi, dia dihormati
Punya kekayaan yang berlimpah, dia dipuja
Seakan-akan kemuliaan itu berada pada genggamannya

Ketahuilah wahai sodaraku
Jabatan tinggi, kekayaan yang berlimpah bukan ukuran kemuliaanmu
Karena ukuran kemuliaanmu adalah bagusnya akhlakmu

Banyak orang yang menyangka,
kalau banyak pengikut ia mulia,
banyak orang yang patuh pada dirinya ia mulia,
bukan itu, ukuran kebahagiaan itu sodaraku ukuran kemuliaanmu adalah bagusnya akhlakmu

saudaraku, akhlakmu cerminan ketaqwaanmu,
akhlakmu cermin kasih sayang Allah kepadamu,
akhlakmu cermin penghmbaanmu terhadap Tuhanmu
akhlakmu cermin kemuliaanmu























Masa lalu itu


Tuhanku engkaulah yang membolak balikkan hatiku
Begitu mudah hati ini berubah, melebihi balikan kedua belah telapak tangan
Tuhanku kalau semua atas Qudrahmu
Salahkah aku mengingat masa laluku

Berbintang-bintang pikiran yang ada dalam benaku,
aku yakin seyakin-yakinnya engkau pasti mengetahuinya
tuhanku kalau semu itu atas IradahMu
salahkah aku meminta yang terbaik buatku

Rasa itu milikMu Tuhanku,
Dan sekarang Kau limpahkan atasku
Kebahagian itu milikMu Tuhanku,,
Sekarang Kau berikan kepadaku
Tuhanku, Engakau adalah Dzat yang Maha memiliki
Salahkah aku mendapat kebahagiaan itu

Wahai Dzat yang Maha Rahman,
Kasih sayang itu telah terhalang atas Qudrah dan IradahMu
Wahai Dzat yang Maha Jamil,
Keindahan itu telah lenyap karena malik (kuasaMu),
tetapi aku masih berharap kebahagiaan yang abadi takkan lenyap dari diriku
Bukankah Engkau yang mengatakan,
jangan kau putus asa atas rahmatKu


















Bahagia

Bahagia, itulah kata yang selalu kita minta
Bahagia, sering melupakan manusia kepada tuhanNya
Bahagia, semua orang pasti menginginkannya
Tahukah kamu siapa pemilik kebahagiaan itu?
Banyak orang bilang saya kaya maka saya bahagia
Saya pejabat maka saya bahagia
Saya dihormati maka saya bahagia
Apakah itu kebahagiaan yang engkau harapkan
Tidak saudaraku, bahagia itu milik Tuhanmu
Bahagia itu bukan jabatan
Bahagia itu bukan harta
Bahagia itu bukan penghormatan
Bahagia itu cinta kasih Tuhan kepadamu
Orang miskin bisa bahagia
Orang rendah bisa bahagia
Semua kita bisa bahagia
Karena bahagia adalah kasih sayang Tuhan kepada Hambanya


























Al-jamil / Indah

Kuciptakan bumi dengan indah
Kuciptakan langit dengan indah
Kuciptakan manusia dengan indah
Siapakah yang Maha indah itu ?

Itulah Allah Al-jamil, yang maha indah
Keindahan itu tak ada bandingannya
Keindahan itu tak lekang oleh masa
Keindahan itu tak usang dimakan usia

Mengapa manusia mencari keindahan selain dariNya,
kenapa manusia mencari keindahan yang sementara,
kenapa manusia mencari keindahan yang fatamorgana
kenapa manusia mencari keindahan yang tidak nyata

wahai Al-jamil, berikanlah keindahan itu kepada kami,
pada perangai kami, pada hati kami, pada kehidupan kami,
bukankah Engkau Dzat yang menyukai keindahan ?

Tidak ada komentar: